Pengertian, Fungsi, Daftar, Contoh dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Elastisitas Penawaran

Berikut ini penjelasan mengenai penawaran, pengertian penawaran, faktor yang mempengaruhi penawaran, faktor faktor yang mempengaruhi penawaran, faktor penawaran, faktor faktor yang mempengaruhi elastisitas penawaran, faktor penetapan harga, fungsi penawaran, daftar penawaran, contoh penawaran.

Penawaran

a. Pengertian Penawaran

Setelah kita pelajari mengenai permintaan, tahukah kamu apa yang disebut penawaran? Penawaran adalah banyaknya barang yang ditawarkan oleh penjual pada suatu pasar tertentu, periode tertentu dan pada tingkat tertentu. 

Seperti dalam permintaan menurut ekonomi mikro dijelaskan bahwa penawaran juga dapat digolongkan menjadi penawaran perorangan dan penawaran pasar.

1) Penawaran perorangan

Penawaran perorangan ialah penawaran yang dilakukan oleh seorang penjual dalam menawarkan berbagai jumlah barang pada berbagai tingkat harga.

2) Penawaran pasar

Penawaran pasar ialah keseluruhan penawaran yang didapat dari penjumlahan penawaran perorangan suatu barang atau jasa pada berbagai tingkat harga.

b. Faktor-faktor yang Memengaruhi Penawaran

Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi produsen dalam menawarkan produknya pada suatu pasar di antaranya sebagai berikut.

1) Faktor Harga terhadap Penawaran

Dalam menganalisis mengenai permintaan telah dinyatakan bahwa tidak mungkin untuk membicarakan secara sekaligus bagaimana permintaan dipengaruhi oleh perubahan daripada berbagai faktor yang menentukannya. Kita harus menganalisis satu demi satu setiap faktor yang memengaruhinya. 

Dalam menganalisis mengenai penawaran, cara itu juga diperlukan. Dengan memisalkan faktor-faktor lain tidak berubah (ceteris paribus). 

Apabila harga barang substitusi tetap, ongkos dan biaya produksi relatif tidak berubah, tujuan perusahaan tetap pada orientasinya, teknologi yang digunakan tidak berkembang dan lainnya dianggap tidak berubah, maka penawaran hanya ditentukan oleh harga. 

Artinya besar kecilnya perubahan penawaran dideterminasi/ditentukan oleh besar kecilnya perubahan harga. Dalam hal ini berlaku perbandingan lurus antara harga terhadap penawaran yang disebut hukum penawaran.

2) Pengaruh Faktor Bukan Harga terhadap Penawaran

a) Harga Barang-barang Lain

Perlu kamu ketahui bahwa barang yang ada saling menggantikan/bersaing guna memenuhi kebutuhan hidup manusia. Barang-barang tersebut dapat menimbulkan pengaruh yang penting terhadap penawaran suatu barang. 

Sebagai contoh banyak masyarakat Indonesia menyukai produk-produk buatan Jepang (televisi merek Jepang), apabila suatu ketika harga televisi merk Jepang mengalami kenaikan maka masyarakat akan beralih ke produk-produk buatan Cina yang harganya relatif murah maka permintaan terhadap produk-produk tersebut akan makin tinggi. 

Kenaikan permintaan tersebut ditanggapi oleh produsen di Cina dengan menaikkan produksi dan menaikkan penawaran televisi merek Cina dengan mengekspor produknya ke Indonesia.

b) Biaya Untuk Memperoleh Faktor Produksi

Biaya-biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan dalam memperoleh faktor-faktor produksi memengaruhi besarnya biaya produksi. Perusahaan memerlukan kenaikan produktivitas dan efisiensi. 

Dalam kehidupan fakta berbicara bahwa banyak perusahaan gulung tikar/tutup yang diakibatkan kenaikan harga faktor-faktor produksi yang dapat mengurangi keuntungan mereka, 

dan jika keuntungan tersebut tidak menarik bagi mereka, maka perusahaan akan dipindahkan ke sektor usaha lain bahkan perusahaan sampai ditutup. Tindakan inilah yang dapat mengurangi penawaran.

c) Tujuan Perusahaan

Biasanya perusahaan berusaha memaksimumkan keuntungannya dengan berusaha menggunakan kapasitas produksinya secara maksimal. Tujuan tersebutlah yang dapat memengaruhi penawaran suatu barang meningkat.

d) Teknologi dan informasi

Lihatlah negara maju seperti Amerika, Jepang, dan Inggris! Apa yang terjadi dalam keadaan ekonomi negara tersebut? Tentu saja keadaan ekonomi mereka sangat kuat. 

Para ahli ekonomi mengatakan bahwa terdapat faktor-faktor perkembangan ekonomi yang pesat terjadi di negara maju disebabkan oleh kemajuan teknologi yang semakin modern. 

Artinya, teknologi yang maju dapat meningkatkan efisiensi produksi sehingga dapat mengurangi biaya produksi dan biaya yang lain. 

Dalam dunia usaha teknologi modern dapat mengurangi biaya produksi, meningkatkan produktivitas, meningkatkan mutu barang, dan menemukan inovasiinovasi baru. Dengan demikian, kemajuan teknologi cenderung akan menimbulkan kenaikan penawaran.

c. Fungsi Penawaran

Fungsi penawaran dapat dituliskan sebagai berikut. 

Pengertian, Fungsi, Daftar, Contoh dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Elastisitas Penawaran

Kurva penawaran bergerak dari kiri bawah ke kanan atas. Baik harga dan jumlah penawaran adalah positif. Artinya, apabila harga naik, jumlah penawaran juga naik dan apabila harga turun, jumlah barang yang ditawarkan juga menurun. 

Perhatikan contoh berikut ini! Diketahui penawaran suatu barang ditunjukkan oleh persamaan Qs = – 6 + 3P. berapakah jumlah barang yang ditawarkan bila harga barang yang ditawarkan adalah Rp3,00 ?

Pengertian, Fungsi, Daftar, Contoh dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Elastisitas Penawaran

a). Daftar Penawaran

Gambaran berupa angka-angka yang menunjukkan jumlah penawaran pada berbagai tingkat harga disebut daftar penawaran. Suatu contoh adalah sebagai berikut. 

Tabel  menunjukkan penawaran tas sekolah yang wujud dalam suatu pasar. Kurva penawaran adalah suatu kurva yang menunjukkan hubungan antara suatu harga barang tertentu dengan jumlah barang yang ditawarkan. Perhatikan tabel berikut ini!

Pengertian, Fungsi, Daftar, Contoh dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Elastisitas Penawaran
Daftar penawaran tas sekolas


Keterangan :

Dalam kurva penawaran tas sekolah terdapat titik-titik 1, 2, 3, 4, dan 5 yang menggambarkan keadaan 1, 2, 3, 4, dan 5. Kurva penawaran juga dibedakan menjadi dua pengertian, yaitu: penawaran dan jumlah yang ditawarkan. 

Dalam analisis ekonomi, penawaran berarti keseluruhan kurva penawaran. Sedangkan jumlah barang yang ditawarkan berarti jumlah barang yang ditawarkan pada suatu tingkat harga tertentu. Dalam hal ini penawaran digambarkan dengan kurva SS. 

Sedangkan “jumlah barang yang diminta” adalah permintaan pada suatu tingkat harga tertentu. Sebagai contoh, titik 3 menggambarkan bahwa pada harga Rp30.000,00 jumlah barang (tas sekolah) yang ditawarkan adalah 600 buah. 

Gambar kurva di atas bergerak dari kiri bawah ke kanan atas. Terdapat hubungan positif di antara harga dan jumlah barang yang ditawarkan, sehingga arah pergerakannya berlawanan dengan arah pergerakan kurva permintaan.

b). Penawaran Perorangan dan Penawaran Pasar

Kalian tentu masih ingat bahwa penawaran terhadap barang dan jasa dapat dibedakan menjadi 2, yaitu penawaran yang dilakukan oleh seorang penjual dan penawaran yang dilakukan oleh semua penjual di pasar. 

Oleh sebab itu dalam analisis perlu dibedakan antara kurva penawaran perseorangan dan kurva penawaran pasar. Kurva penawaran pasar diperoleh dengan menjumlahkan kurva penawaran berbagai individu. Lihatlah tabel dibawah ini dengan saksama! 

Di sana ditunjukkan suatu gambaran hipotesis untuk memperoleh permintaan pasar. Misalnya, dalam suatu pasar terdapat 2 orang penjual semangka, yaitu Nur dan Edi. Penawaran dari masingmasing penjual dalam pasar tersebut pasar adalah sebagai berikut.

Pengertian, Fungsi, Daftar, Contoh dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Elastisitas Penawaran
Penawaran pasar semangka di pasar

Pengertian, Fungsi, Daftar, Contoh dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Elastisitas Penawaran

Pengertian, Fungsi, Daftar, Contoh dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Elastisitas Penawaran
Penawaran pasar semangka

Keterangan:

Penawaran Nur dan Edi terhadap semangka pada harga di antara Rp5000,00 dan Rp1000,00. Penawaran pasar diperoleh dengan menjumlahkan banyaknya semangka yang ditawarkan oleh Nur dan

Edi pada setiap tingkat harga. 

Berdasarkan data tabel dapat dibuat kurva penawaran terhadap semangka oleh Nur, Edi dan pasar. Kurva Sn adalah kurva penawaran Nur sedangkan Se adalah kurva penawaran Edi dan Sm adalah kurva penawaran yang diperoleh dengan penjumlahan kurva penawaran Nur dan Edi. 

Contoh penawaran pasar, yaitu saat harga Rp3.000,00 jumlah semangka yang ditawarkan adalah 30 + 20 = 50 kg.