Tokoh Pendiri dan Tujuan Organisasi Muhammadiyah Dalam Pergerakan Nasional di Indonesia

Jika Sebelumnya kita telah membahas tentang  Indische Partij , maka berikut ini akan kita bahas secara ringkas tentang pergerakan nasional di indonesia, muhammadiyah, perkembangan pergerakan nasional indonesia, organisasi muhammadiyah, pendiri muhammadiyah, kh ahmad dahlan, ahmad dahlan, tokoh pendiri muhammadiyah, berdirinya muhammadiyah.

Muhammadiyah didirikan pada tanggal 18 November 1912 di Yogyakarta oleh K. H. Ahmad Dahlan, seorang ulama besar yang terpengaruh gerakan wahabi. 

Tokoh Pendiri dan Tujuan Organisasi Muhammadiyah Dalam Pergerakan Nasional di Indonesia
K.H. Ahmad Dahlan

Tujuan didirikannya Muhammadiyah adalah memajukan pengajaran Islam, mengembangkan pengetahuan Islam dan cara hidup menurut peraturan Islam, membantu dan meningkatkan kehidupan sosial masyarakat Islam. 

Untuk mencapai tujuan partai, Muhammadiyah menempuh usaha-usaha, antara lain, mendirikan, memelihara, dan membantu pendirian sekolah berdasarkan agama Islam untuk memberantas buta huruf; 

mendirikan dan memelihara masjid, langgar, rumah sakit, dan rumah yatim piatu; membentuk badan perjalanan haji ke tanah suci. Muhammadiyah mempunyai wadah khusus bagi wanita (Aisyiah) dan bagi pria (Hisbul Wathon).