Macam-Macam Bentuk dan Jenis Tarian Khas Adat Tradisional Suku Dayak, Bugis dan Asmat-Dani

Berikut ini akan dibahas mengenai pertunjukan kesenian suku dayak, tarian khas suku dayak, tarian khas suku bugis, tarian adat suku bugis, tarian daerah suku bugis, tarian khas suku asmat, tarian adat suku asmat, tarian khas suku dani, tarian suku dani.

Seni Pertunjukan Suku Dayak

Seni pertunjukan masyarakat suku Dayak terbatas pada tari-tarian yang diiringi dengan alat musik sederhana. Adapun jenis tarian khas suku bangsa Dayak sebagai berikut.

  1. Tari balean dadas adalah jenis tarian yang ditujukan untuk memohon kesembuhan bagi mereka yang sedang sakit.
  2. Tari tambun dan bungai adalah jenis tarian yang melukiskan tentang kisah kepahlawanan Tambun dan Bungai dalam mengusir musuh yang akan merampas panen rakyat.

Seni Pertunjukan Suku Bugis-Makassar

Seni pertunjukan masyarakat adat Bugis-Makassar berupa tari-tarian daerah, antara lain yang terkenal adalah tari pakarena.

Seni Pertunjukan Suku Asmat-Dani

Seni pertunjukan masyarakat suku bangsa Asmat dan Dani hanya terbatas pada tarian adat yang berkaitan dengan upacara religi atau upacara kemasyarakatan lain.

Misalnya tari perang dan jenis tari pergaulan yang biasa dibawakan kelompok penari laki-laki dan perempuan secara berpasangan.

Gerakan tarian yang ditampilkan cukup sederhana, mengutamakan kesamaan gerak kaki dengan badan yang kadang membungkuk dan kadang berdiri, silih berganti dengan iringan musik yang sederhana pula.