Tarian Daerah dan Alat Musik Tradisional Dalam Kesenian Adat Budaya Suku Minangkabau

Berikut ini akan kita bahas mengenai tari tradisional minangkabau,  tari piring, alat musik minangkabau, tari piring berasal dari, alat musik tradisional minangkabau, tarian daerah minangkabau, tarian khas minangkabau.

Seni Pertunjukan Masyarakat Adat Suku Minangkabau

Seni pertunjukan masyarakat adat suku bangsa Minangkabau mencakup seni tari dan seni musik tradisional.

Seni Tari Tradisional Suku Bangsa Minangkabau

Seni tari tradisional suku bangsa Minangkabau, antara lain tari silat kucing dan tari silat tupai malompek.

Tarian Daerah dan Alat Musik Tradisional Dalam Kesenian Adat Budaya Suku Minangkabau
Tari Piring

Tari tersebut dibawakan saat diadakan pesta tertentu, misalnya memasuki rumah gadang, pesta perkawinan, pengangkatan penghulu, dan perayaan-perayaan negeri. 

Tarian tersebut dibawakan oleh dua orang pria dengan memegang pedang sambil melakukan gerakan silat yang diiringi oleh dua buah gendang dan dua buah momongan (jenis alat musik tradisional). Tarian tersebut menggambarkan kepahlawanan seorang hulubalang pada saat Perang Bonjol. 

Di samping tarian itu, masih ada beberapa macam tarian tradisional yang menggambarkan tentang suasana kehidupan masyarakat yang penuh kegembiraan, antara lain tari lilin, tari payung, tari randai, tari serampang dua belas, dan tari piring.

Seni Musik Tradisional Suku Minangkabau

Setiap pertunjukan tari tradisional selalu diiringi dengan musik tradisional pula. Alat musik tradisional suku bangsa Minangkabau terdiri atas saluang dan talempong. Saluang terbuat dari bambu. Masyarakat luas menyebut saluang sebagai seruling atau suling.

Tarian Daerah dan Alat Musik Tradisional Dalam Kesenian Adat Budaya Suku Minangkabau
Talempong

Hanya saja, jika seruling memiliki ruas pada bagian pangkalnya, sedangkan saluang tidak, tetapi berupa bambu yang tembus dari ujung ke pangkalnya. Sebagai penyumbat di bagian pangkalnya dipergunakan pelepah rumbia atau menggunakan gabus. 

Talempong merupakan alat musik yang terdiri atas sederetan bilah-bilah kayu atau logam kuningan sebanyak sembilan atau dua belas buah yang diletakkan pada suatu wadah berbentuk perahu. Talempong dimainkan dengan menggunakan dua alat pemukul.