Manfaat Mempelajari Ilmu Biologi

Manfaat Mempelajari Biologi

Manfaat Mempelajari Ilmu Biologi – Melanjutkan materi postingan malam ini yaitu tentang Materi pelajaran Biologi, pada postingan kali ini kami akan membahas mengenai Manfaat Biologi, untuk itu mari kita pelajari bersama dibawah ini dengan seksama:


Manfaat Mempelajari Biologi


Dengan mempelajari Biologi, Anda akan lebih mengenali tubuh Anda sendiri. Anda menjadi tahu, jenis makanan apa saja yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Bagaimana cara mengolah makanan tersebut agar gizinya tidak terbuang percuma. Bahkan jika anda atau keluarga anda sakit, anada menjadi lebih tahu tentang bagian tubuh yang mana yang sakit, proses apa yang sedang terjadi dalam tubuh tersebut, dan bagaimana cara pengobatan sederhana yang diperlukan. Tentu saja anda harus mengonsultasikannya dengan Dokter jika sakit anda berlanjut.

Menurut Fictor Ferdinand P. dan Moekti Ariebowo (2009), manfaat biologi sangat banyak. Biologi telah menolong mmanusia untuk mengatasi berbagai permasalahan seperti penyakit dan kelaparan. Biologi berperan penting dalam hal kesehatan, penyediaan pangan, papan, juga dalam kehidupan sosial. Berikut ini beberapa penemuan dalam bidang Biologi yang berguna bagi umat manusia.

1. Teknik transgenik, yaitu teknik penyisipan gen kedalam sel lain untuk menghasilkan tumbuhan atau hewan yang lebih unggul.

2. Fertilisasi in vitro untuk pengemabangan hewan ternak 

3. Fertilisasi in vitro (bayi tabung) untuk pasangan suami istri yang sulit mendapatkan keturunan

4. Teknik superovulasi, yaitu teknik penyuntikan hormon reproduksi agar hewan ternak lebih subur sehingga dihasilkan embrio lebih dari satu dalam satu induk

5. Bank Sperma, teknik penyimpanan sperma dalam jangka waktu tertentu pada nitrogen cair

6. Teknik inseminasi buatan

7. Penemuan berbagai antibiotik, misalnya penemuan penisilin oleh Alexander Flemming

8. Penemuan teknik kultur jaringan untuk menghasilkan tumbuhan baru dalam waktu relatif cepat dalam jumlah banyak.