Soal dan Jawaban tentang Syariah

Kumpulan Soal dan Jawaban tentang Syariah
1.    Bagaimana sikap bijak yang dilakukan oleh kita, umat muslim, dalam menghadapi adanya perkembangan zaman?
Jawaban:
Sikap bijak kita dalam menghadapi adanya perkembangan zaman adalah mengikutinya, baik itu di bidang sosial, ekonomi, budaya, politik, maupun iptek. Namun dalam kita mengikuti jaman yang

terus berkembang tersebut, tidak asal mengikuti saja, tetapi harus didasarkan dengan syariat islam. Karena dalam syariat islam terdapat aturan-aturan/ norma-norma tentang segala perbuatan. Sehingga apa yang kita lakukan dalam mengikuti perkembangan zaman, selalu mendapat ridha Allah. Dan apa yang kita lakukan tidak merugikan diri sendiri dan orang lain serta lingkungan alam sekitar.

2.    Apa yang sebaiknya dilakukan agar ibadah yang kita lakukan tidak hanya rutinitas belaka, tanpa penghayatan yang dalam?
Jawaban:
Yang kita lakukan agar ibadah yang kita lakukan tidak hanya rutinitas belaka, tanpa penghayatan yang dalam yaitu dengan mempelajari syariat islam/ ajaran-ajaran islam sampai pada taraf mengerti dan memahami. Dengan kita memahami syariat islam dengan disertai kesadaran bahwa diri kita adalah hamba Allah, maka secara otomatis diri kita akan mampu untuk mengaplikasikan ajaran-ajaran islam tersebut (meliputi perintah dan larangan Allah) dengan sepenuh hati, ikhlas, dan apa yang kita lakukan (ibadah) itu semata-mata karena Allah.
3.    Adakah kekurangan yang dimiliki syariat islam? Jelaskan!
Jawaban:
Syariat islam tidak memiliki kekurangan, karena pada dasarnya syariat islam merupakan jalan yang diberikan oleh Allah untuk manusia, yang menuntun manusia menuju kebenaran. Syariat islam berupa Al-Qur’an dan Al-Hadist. Dengan demikian syariat islam sifatnya mengikat seluruh umat islam di dunia. Namun jika ada perkara yang tidak ada atau tidak jelas ketentuannya dalam Al-Qur’an dan Al-Hadist, maka perkara tersebut masuk dalam perkara ijtihadiyah. Yang mana para mujtahid nantinya berijtihad dengan tidak melupakan Al-Qur’an dan Al-Hadist sebagai pedoman. Dan hasil dari ijtihad para mujtahid tersebut digunakan untuk menyelesaikan suatu perkara tadi, namun tidak mengikat seluruh umat islam di dunia.
4.    Setujukah anda bahwa hukuman yang berdasarkan syariat islam adalah termasuk pelanggaran HAM? Jelaskan menurut pendapat anda!
Jawaban:
Tidak setuju, karena hukuman yang berdasarkan syariat islam yang dipandang sadis seperti potong jari, dicambuk, dan lain sebagainya adalah bukan tidak ada maksud. Hukuman yang dipandang sadis itu adalah mempunyai maksud, diantaranya yaitu agar orang yang berbuat negatif tersebut jera, dan kembali ke jalan yang benar yang sesuai dengan perintah Allah yang tercantum dalam Qur’an dan hadist. Hukuman itu termasuk ke dalam pelanggaran HAM apabila bentuk hukumannya adalah sesuka hati pemberi hukum, atau tidak sesuai dan tidak ada dalam Al-Qur’an dan Al-Hadist.
5.    Sebutkan lima dampak positif dari pengaplikasian syariat islam dalam kehidupan sehari-hari?
Jawaban:
Dampak positif dari pengaplikasian syariat islam dalam kehidupan sehari-hari antara lain yaitu:
a.    Mendapat ridha dari Allah.
b.    Mendapat jaminan surga dari Allah.
c.    Mempunyai banyak saudara.
d.   Disukai banyak orang karena sikapnya terhadap orang lain yang selalu sesuai dengan syariat islam.
e.    Hidup terasa aman, dan tenteram.