Pengertian dan Definisi serta Macam-Macam Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan Primer dan Sekunder

Tumbuhan adalah makhluk hidup yang memiliki kemampuan untuk tumbuh dan berkembang. Pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu pertumbuhan dan perkembangan primer dan sekunder. Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian dan definisi serta macam-macam pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan primer dan sekunder.

Pertumbuhan Primer

Pertumbuhan primer pada tumbuhan terjadi pada bagian ujung akar dan ujung tunas. Pertumbuhan primer adalah pertumbuhan yang terjadi pada jaringan meristematis. Meristem adalah jaringan tumbuhan yang masih mampu membelah diri dan berkembang menjadi sel-sel yang berbeda. Pertumbuhan primer pada tumbuhan terjadi secara elongasi, yaitu penambahan panjang pada tumbuhan.

Pertumbuhan primer pada ujung akar disebut pertumbuhan akar. Pertumbuhan ini terjadi pada jaringan meristematis yang disebut meristem akar. Meristem akar terletak pada ujung akar dan berfungsi untuk memproduksi sel-sel baru yang akan membentuk jaringan akar.

Pertumbuhan primer pada ujung tunas disebut pertumbuhan tunas. Pertumbuhan ini terjadi pada jaringan meristematis yang disebut meristem tunas. Meristem tunas terletak pada ujung tunas dan berfungsi untuk memproduksi sel-sel baru yang akan membentuk jaringan tunas.

Perkembangan Primer

Perkembangan primer pada tumbuhan terjadi setelah pertumbuhan primer selesai. Perkembangan primer pada tumbuhan meliputi diferensiasi sel dan pembentukan organ-organ baru pada tumbuhan. Proses diferensiasi sel terjadi karena sel-sel pada jaringan meristematis sudah tidak mampu membelah diri lagi dan mulai berkembang menjadi sel-sel yang memiliki fungsi tertentu.

Perkembangan primer pada akar meliputi pembentukan rambut akar, epidermis akar, korteks akar, dan silinder pusat akar. Sedangkan perkembangan primer pada tunas meliputi pembentukan daun, batang, bunga, dan buah.

Pertumbuhan Sekunder

Pertumbuhan sekunder pada tumbuhan terjadi pada jaringan meristematis yang terletak di dalam tumbuhan, yaitu kambium. Kambium adalah jaringan tumbuhan yang masih mampu membelah diri dan berkembang menjadi jaringan yang berbeda. Pertumbuhan sekunder pada tumbuhan terjadi secara lateral, yaitu penambahan diameter pada tumbuhan.

Pertumbuhan sekunder pada tumbuhan terjadi pada bagian-bagian tumbuhan yang sudah tua, seperti batang dan akar. Pertumbuhan sekunder pada batang disebut pertumbuhan kayu, sedangkan pertumbuhan sekunder pada akar disebut pertumbuhan kulit kayu.

Perkembangan Sekunder

Perkembangan sekunder pada tumbuhan terjadi setelah pertumbuhan sekunder selesai. Perkembangan sekunder pada tumbuhan meliputi pembentukan jaringan kayu dan jaringan kulit kayu. Proses pembentukan jaringan kayu terjadi karena sel-sel pada kambium kayu membelah diri menjadi dua jenis sel, yaitu sel-sel pembuluh kayu dan serat kayu. Sedangkan proses pembentukan jaringan kulit kayu terjadi karena sel-sel pada kambium kulit kayu membelah diri menjadi dua jenis sel, yaitu sel-sel epidermis dan sel-sel felogen.

Macam-Macam Pertumbuhan pada Tumbuhan Primer dan Sekunder

Tumbuhan memiliki beberapa macam pertumbuhan baik pada tumbuhan primer maupun sekunder. Berikut adalah beberapa macam pertumbuhan pada tumbuhan:

1. Pertumbuhan Vertikal

Pertumbuhan vertikal adalah pertumbuhan yang terjadi pada arah ke atas atau ke bawah. Pertumbuhan vertikal pada tumbuhan primer terjadi pada ujung akar dan ujung tunas. Sedangkan pertumbuhan vertikal pada tumbuhan sekunder terjadi pada bagian batang yang masih mampu membelah diri, yaitu kambium.

2. Pertumbuhan Horizontal

Pertumbuhan horizontal adalah pertumbuhan yang terjadi pada arah ke samping. Pertumbuhan horizontal pada tumbuhan primer terjadi pada akar dan tunas lateral. Sedangkan pertumbuhan horizontal pada tumbuhan sekunder terjadi pada kulit kayu yang membentuk lapisan-lapisan pada batang tumbuhan.

3. Pertumbuhan Gaya Tumbuh

Pertumbuhan gaya tumbuh adalah pertumbuhan yang terjadi pada arah tertentu yang dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Contoh pertumbuhan gaya tumbuh pada tumbuhan adalah pertumbuhan melingkar pada tanaman kacang-kacangan dan pertumbuhan merambat pada tanaman anggur.

4. Pertumbuhan Koleoptil

Pertumbuhan koleoptil adalah pertumbuhan yang terjadi pada bagian ujung tunas pada tanaman monokotil. Koleoptil adalah selubung pelindung yang ada di sekitar tunas pada tanaman monokotil.

5. Pertumbuhan Koleoriza

Pertumbuhan koleoriza adalah pertumbuhan yang terjadi pada bagian ujung akar pada tanaman monokotil. Koleoriza adalah selubung pelindung yang ada di sekitar akar pada tanaman monokotil.

Kesimpulan

Pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan terjadi secara berbeda antara tumbuhan primer dan sekunder. Pertumbuhan primer terjadi pada bagian ujung akar dan tunas, sedangkan pertumbuhan sekunder terjadi pada jaringan kambium. Selain itu, perkembangan primer dan sekunder juga berbeda tergantung pada organ tumbuhan yang berkembang. Dengan memahami pengertian dan definisi serta macam-macam pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan primer dan sekunder, kita dapat lebih memahami bagaimana tumbuhan dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.