Pengertian serta Contoh Pewarisan Sifat Alel Tunggal dan Alel Ganda

Genetika adalah ilmu yang mempelajari tentang pewarisan sifat dari orang tua ke anak. Dalam ilmu genetika, terdapat dua jenis alel yaitu alel tunggal dan alel ganda. Alel tunggal adalah ketika hanya ada satu alel yang mempengaruhi sifat tertentu, sedangkan alel ganda adalah ketika ada dua alel yang mempengaruhi sifat tertentu.

Pengertian Pewarisan Sifat Alel Tunggal

Pewarisan sifat alel tunggal adalah ketika hanya ada satu alel yang mempengaruhi sifat tertentu. Contohnya adalah warna bunga pada tanaman kacang polong. Terdapat dua alel yang mempengaruhi warna bunga pada tanaman kacang polong yaitu alel merah (R) dan alel putih (r). Alel merah adalah alel dominan dan alel putih adalah alel resesif.

Jika seorang tanaman kacang polong memiliki alel merah dan alel putih, maka warna bunga yang akan muncul adalah merah karena alel merah merupakan alel dominan. Namun, jika tanaman kacang polong hanya memiliki alel putih, maka warna bunga yang muncul adalah putih.

Contoh Pewarisan Sifat Alel Tunggal

Contoh lain dari pewarisan sifat alel tunggal adalah golongan darah manusia. Terdapat tiga alel yang mempengaruhi golongan darah manusia yaitu alel A, alel B, dan alel O. Alel A dan B merupakan alel dominan, sedangkan alel O merupakan alel resesif.

Jika seseorang memiliki alel A dan alel B, maka golongan darah yang dimiliki adalah AB karena alel A dan B merupakan alel dominan dan sama-sama mempengaruhi golongan darah. Namun, jika seseorang hanya memiliki alel A atau alel B, maka golongan darah yang dimiliki adalah A atau B karena alel A dan B merupakan alel dominan dan lebih kuat dibandingkan alel O yang merupakan alel resesif.

Pengertian Pewarisan Sifat Alel Ganda

Pewarisan sifat alel ganda adalah ketika ada dua alel yang mempengaruhi sifat tertentu. Contohnya adalah warna kulit pada manusia. Terdapat dua alel yang mempengaruhi warna kulit pada manusia yaitu alel gelap (B) dan alel terang (b). Alel gelap dan alel terang sama-sama mempengaruhi warna kulit manusia.

Jika seseorang memiliki dua alel gelap (BB), maka warna kulit yang dimiliki adalah gelap. Namun, jika seseorang memiliki dua alel terang (bb), maka warna kulit yang dimiliki adalah terang. Jika seseorang memiliki satu alel gelap dan satu alel terang (Bb), maka warna kulit yang muncul adalah cokelat karena alel gelap dan alel terang sama-sama mempengaruhi warna kulit.

Contoh Pewarisan Sifat Alel Ganda

Contoh lain dari pewarisan sifat alel ganda adalah bentuk wajah pada manusia. Terdapat dua alel yang mempengaruhi bentuk wajah pada manusia yaitu alel oval (O) dan alel bulat (o). Alel oval dan alel bulat sama-sama mempengaruhi bentuk wajah manusia.

Jika seseorang memiliki dua alel oval (OO), maka bentuk wajah yang dimiliki adalah oval. Namun, jika seseorang memiliki dua alel bulat (oo), maka bentuk wajah yang dimiliki adalah bulat. Jika seseorang memiliki satu alel oval dan satu alel bulat (Oo), maka bentuk wajah yang muncul adalah oval karena alel oval merupakan alel dominan.

Kesimpulan

Dalam ilmu genetika, terdapat dua jenis alel yaitu alel tunggal dan alel ganda. Pewarisan sifat alel tunggal terjadi ketika hanya ada satu alel yang mempengaruhi sifat tertentu, sedangkan pewarisan sifat alel ganda terjadi ketika ada dua alel yang mempengaruhi sifat tertentu. Contoh-contoh pewarisan sifat alel tunggal antara lain warna bunga pada tanaman kacang polong dan golongan darah manusia, sedangkan contoh pewarisan sifat alel ganda antara lain warna kulit pada manusia dan bentuk wajah manusia.