Kimia  

Penggolongan Unsur-Unsur Kimia Dalam Tabel Periodik Unsur Kimia

Berikut ini penjelasan tentang penggolongan unsur, tabel periodik, unsur-unsur kimia dalam tabel periodik, tabel periodik unsur kimia, tabel unsur periodik.

Penggolongan Unsur dalam Tabel Periodik

Tabel periodik merupakan alat yang sangat penting bagi seorang kimiawan untuk dapat mengingat dan mengatur fakta-fakta kimia.

Untuk memudahkan dalam mempelajari ilmu Kimia, unsur-unsur kimia dalam tabel periodik dikelompokkan berdasarkan kemiripan sifatnya. Sifat-sifat tersebut meliputi kereaktifan terhadap unsur lain.Untuk memahami lebih lanjut, pelajarilah penjelasan berikut.

Penggolongan Unsur-Unsur Kimia Dalam Tabel Periodik Unsur Kimia
Tabel Periodik Unsur

Unsur-unsur kimia yang memiliki kemiripan sifat ditempatkan dalam kolom atau baris yang sama. Kelompok unsur-unsur yang terletak dalam kolom yang sama dinamakan golongan. Dalam tabel periodik terdapat 18 kolom. Perhatikan tabel periodik berikut.

Penggolongan Unsur-Unsur Kimia Dalam Tabel Periodik Unsur Kimia
Penamaan golongan dan unsur-unsur golongan dalam tabel periodik

Kelompok unsur dalam kolom pertama dari kiri tabel periodik dinamakan golongan IA atau alkali. Tabel berikut menjelaskan penamaan kelompok unsur lainnya.

Adapun kelompok unsur-unsur yang terletak dalam baris yang sama dinamakan periode. Seperti yang terlihat dalam tabel periodik, terdapat 7 periode.